Cara Budidaya Atau Beternak Bebek dan Itik


Cara Budidaya Dan Beternak Bebek atau Itik  adalah cara yang dapat anda ambil untuk membudidayakan bebek atau itik. Dan juga bisa menjadi tambahan anda aktifitas anda di dalam waktu luang anda.

Masyarakat umum biasanya menganggap sama antara itik dan bebek. Padahal sebenarnya terdapat sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya lincah. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lamban. Namun dalam ulasan kali ini, kita tidak membedakan antara itik dan bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Ada banyak keuntungan bagi anda yang tertarik dalam membudidayakan bebek dan itik. Di banyak negara, bebek peringkat samping ayam untuk produksi daging dan telur. Anda dapat memelihara bebek di kedua daging skala atau telur tujuan produksi komersial dan kecil. Bahkan, Anda dapat meningkatkan beberapa bebek di halaman belakang Anda sendiri dengan burung atau hewan lain.
berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat anda ambil dari berternak bebek dan itik :

  • Bebek perlu lebih murah, sederhana dan fasilitas perumahan non-rumit. Akibatnya biaya perumahan sangat kurang untuk mendirikan bisnis peternakan itik komersial.
  • Bebek burung sangat kuat dan mereka membutuhkan perawatan yang kurang atau manajemen.Mereka dapat mengadopsi diri dengan hampir semua jenis kondisi lingkungan.
  • Mereka bertelur baik di malam hari atau di pagi hari. Jadi Anda dapat mengumpulkan telur segar setiap pagi :). Dan Anda bisa melakukan pekerjaan lain selama sisa hari dan Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk merawat bebek Anda.
  • Anda perlu relatif sedikit ruang untuk meningkatkan bebek. Bebek memiliki periode merenung relatif lebih pendek dan itik tumbuh lebih cepat. Bebek tumbuh begitu cepat sehingga, Anda dapat membuang panas buatan dalam waktu 5 sampai 7 hari mereka. Meskipun mereka akan membutuhkan waktu pemanasan lebih lama selama bulan-bulan dingin.
  • Bebek sangat tahan terhadap penyakit burung umum.
  • Anda dapat memberi makan bebek Anda dengan berbagai macam makanan. makanan biasa A bebek termasuk singkong, kopra, jagung, beras, buah-buahan dan setiap biaya rendah lainnya dan makanan mudah tersedia. Mereka juga memiliki kecenderungan alami mencari makan di gulma air, ganggang, kacang-kacangan hijau, jamur, cacing tanah, belatung, siput, berbagai jenis serangga dll yang secara langsung mengurangi biaya pakan.
  • Anda juga dapat menggunakan bebek Anda untuk mengendalikan siput apel atau beberapa serangga berbahaya lainnya dari taman Anda.
  • Bebek memiliki tingkat kematian lebih sedikit dan biasanya mereka hidup lebih lama daripada ayam. Dalam hal produksi telur, itik bertelur untuk jangka waktu yang lama.
  • produk bebek seperti telur dan daging memiliki permintaan yang besar di pasar lokal dan internasional. Jadi bisnis peternakan itik komersial dapat menjadi sumber dari penghasilan.Sudah ada banyak petani yang sukses yang membuat keuntungan yang tinggi dari bisnis peternakan itik mereka.
  • bisnis peternakan itik juga dapat menjadi sumber lapangan kerja yang stabil. orang berpendidikan menganggur muda dapat bergabung dengan bisnis ini dan membuat sumber lapangan kerja sendiri.
Sekianlah keuntungan yang dapat anda ambil dalam beternak Bebek dan Itik. Jika anda tertarik dalam membudidayakan bebek dan itik mari kita simak tahap-tahap langkah dari memlihara bebek dan itik sebagai berikut :

Persiapan kandang bebek

Ternak bebek bisa dilakukan dengan metode penggembalaan atau metode kandang. Di tengah semakin sulitnya lahan penggembalaan, kini para peternak banyak yang beralih ke sistem kandang. Telah banyak peternak yang membuktikan dengan sistem kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya

Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat dua metode ternak bebek yakni metode penggembalaan dan metode kandang. Kedua metode tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak dipakai oleh para peternak tradisional, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.
Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain sebagainya. Biasanya kualitas telur yang dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diolah menjadi telur asin sangat baik.
Hanya saja metode ini belum tentu bisa diaplikasikan di semua tempat. Mengingat semakin terbatasnya lahan dan tenaga kerja penggembala yang sulit didapat, metode ini semakin tidak populer. Di sisi lain, metode budidaya dengan kandang sudah semakin maju. Beberapa praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yang tidak kalah baik. Kualitas telur yang dihasilkan bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa tipe kandang untuk ternak bebek, berikut penjelasannya:
  • Kandang tipe pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut. Kandang ini bersifat terbuka, namun disediakan kandang untuk berteduh. Bila malam tiba atau hujan, bebek  bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
  • Kandang terkurung atau tipe postal. Berupa sebuah bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
  • Kandang tipe baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibuat dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang tipe baterei bisa ditempatkan di dalam atau luar ruangan. Dengan tipe kandang baterai, tidak disediakan kolam untuk berenang.

b. Memilih tipe kandang

Tipe kandang seperti apa yang cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang ada di benak pembaca. Pemilihan tipe kandang sangat terkait dengan ketersediaan sumber daya seperti, lokasi, luas lahan, tenaga kerja dan modal. Berikut hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tipe kandang.
  • Bila lahan yang tersedia cukup luas bisa dipertimbangkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini memerlukan lahan yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan karena aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi intensif.
  • Bila lahan yang tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan tipe kandang terkurung atau tipe baterai. Kandang tipe ini relatif tidak memerlukan lahan luas, namun biaya pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang tipe ini cocok untuk budidaya intensif.
  • Pertimbangkan pula tujuan ternak bebek. Bila fokus pada produksi telur dan daging, sistem tekurung dan baterai bisa digunakan. Tetapi bila bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan tipe pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam untuk berenang.

Memilih bibit bebek

Untuk hasil ternak bebek yang maksimal, sebaiknya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga cara untuk mendapatkan bibit bebek, yakni:
  • Membeli telur tetas dari induk bebek yang terbukti kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
  • Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini bisa dilakukan bila kita memiliki bibit yang berkualitas, dan juga memiliki fasilitas pembibitan sendiri.
  • Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.

Pakan ternak bebek

Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan tergantung dengan jenis pakan yang diberikan. Berikut ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan

Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yakni pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berupa keong dan kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, setidaknya terdapat tiga jenis pakan untuk masing-masing fase pertumbuhan. Fase awal diperuntukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower untuk umur 8-18 minggu dan fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal setidaknya memiliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% dan fase layer 15-17%.
Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimal dan cocok untuk pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan bakuAwal (%)Grower (%)Layer (%)
Jagung giling252015
Dedak halus405060
Ubi kayu555
Tepung ikan201510
Bungkil kelapa555
Bungkil kedelai555
Sumber: Cahyo Saparinto (2013), Grow your own animal farm.

b. Cara pemberian pakan

Cara memberikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan secara terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam kandang secara terus menerus. Berikut ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

Umur (minggu)Jumlah (gram)Umur (minggu)Jumlah (gram)
1151276
2301376
3401470
4601570
5651680
6701780
7701885
8721990
9742090
10742190
117522100
Sumber: Cahyo Saparinto (2013), Grow your own animal farm.

Pemasaran Telur 

Sebelum pemasaran telur itik, membersihkan kotoran dari kulit telur dengan sempurna. Jangan mencuci telur dengan air. Anda dapat membersihkan telur dengan pisau, kertas kotor atau handuk.Gunakan keranjang telur atau karton untuk merawat telur dari satu tempat ke tempat lain. Anda harus memilih kartun seperti sehingga setiap kartun dapat mengandung setidaknya 30 telur. Anda juga dapat menggunakan keranjang bambu, kotak kayu dan hal-hal lain untuk mengangkut telur ke pasar atau tujuan lain. Membuat lapisan dalam jerami atau dedak padi jika Anda menggunakan kotak tersebut untuk merawat telur.



Demikianlah tahap-tahap dari Cara Budidaya Atau Beternak Bebek dan Itik  yang dapat anda jadikan refrensi dari cara membudidayakan bebek dan itik karena cara memelihara keduanya relatif sama. Semoga bermanfaat bagi anda dan Terimakasih atas Kunjungannya......!

Sumber refrensi : - alamtani.com
                             - www.roysfarm.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Atau Beternak Bebek dan Itik "

Post a Comment