Pengenalan internet Simpel Dan Lengkap

Pengenalan internet Simpel Dan Lengkap adalaha pembahasan scara terperinci dan simpel tentang internet yang sering kita geluti setiap hari nya mulai dari bank,sekolah,pekerjaan, dan lain-lain untuk anda yang ingin mengetahuai secara rinci dan simpel mari kita bahas secra step by step sebagai beikut:

I.  Apa Internet ?
Internet berasal dari kata International Network yang artinya jaringan internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan internasional karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.
Inter juga disebut dunia tanpa penguasa karena semua orang mempunya hak yang sama atas internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.
Ada dua peranan dari internet yang sangat penting : (1) Sebagai sumber data dan informasi, (2) Sarana komunikasi data dan informasi.

II.Berbagai Aplikasi Internet

1.      WWW (Word Wide Wibe)

Word Wide Wibe atau biasa disebut Web, merupakan aplikasi yangpaling penting dan paling banyak digunakan. Aplikasi web ini memungkinkan komputer-komputer di internet saling mempertukarkan informasi dalam format dokumen khusus yang sering disebut dengan format hypertext dan hypermedia (format dokumen yang memungkinkan informasi disimpan dalam berbagai bentuk, seperti text, gambar, gambar bergerak/video, dan suara).

2.      E-Mail (Elektronik Mail)

Elektronik Mail atau surat elektronik yang lebih dikenal dengan istilah email ini adalah aplikasi internet yang digunakan untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama dengan mengirim surat biasa. Bedanya, kalau email dikirim dalam bentuk elektronik dan dikirim melalui jaringan komputer yang ada di internet. Selain mengirim pesan, email pula dapat digunakan untuk mengirim file-file dokumen, gambar, video, suara, dan sebagainya.

3.      Milis (Mailing List)

Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim kealamat  milis, akan dikirimkan kesemua alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis mempunyai sifat yang sama dengan email, karena milis adalah bagian dari email.

4.      Newsgroup

Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota newsgruop mempunya kepentingan dan keertarikan yang sama dalam membahas topik-topik tertentu.
Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas audio konferens, media teks saja atau media teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).

5.      IRC (Internet Relay Chat)
Adalah aplikasi internet yang digunaka untuk bercakap-cakap di internet atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting. Meskipun disebut dengan bercakap-cakap, namun sebenarnya komunuikasi ini dilakukan dengan menggunakan teks.

6.      FTP (File Transfer Protocol)
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. Dengan FTP memungkinkan transfer data akan berjalan lebih cepat.
FTP sering digunakan untuk mengunduh ataupun mendownload file dokumen disebuag server internet yang mempunya alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. FTP juaga sering digunakan oleh pemilik situs di internet untuk mengunggah ataupun mengapload file dokumen ke server web sehingga dapat diakses oleh seluruh pengguna internet.

7.      Telnet
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kamu mempunya alamat IP (IP Adress) dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses (User ID dan Password) ke komputer tersebut.

8.      Gopher
Adalah aplikasi yang digunakan untuk informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari yang sebatas pada teks.

9.      Ping (Packet Internet Gopher)
Digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempunya hubungan koneksi dengan komputer lain di internet. Cara pengecekan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data ke komputer target.

10.  VoIP (Voice over Internet Protocol)
Teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui internet (Internet Protocol). Aplikasi ini memungkinkan seseorang dapat berbicara langsung dengan orang lain di tempat yang jauh.
Sejarah Perkembangan Internet

1.     Tahun 1960
Terjadi kekhawatiran Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DPAS) akan terjadinya perang nuklir. Hal ini mendorong dimulainya penelitian kemungkinan menghubungkan komputer-komputer DPAS dalam satu instalasi.

2.     Oktober 1962
ARPA (Advanced Research Project Agency) dengan ketua program pertama Josep Licklider mengadakan riset milik DPAS. ARPA sebelumnya dikenal dengan DARPA (Defense Advanced Research Project Agency).

3.     Tahun 1965
Dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama dengan menghubungkan komputer TX-2 dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Ternyata ini tidak efisien karena menghabiskan bandwich dan mahal.

4.     Tahun 1966
Bob taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa Universitas di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan komputer dari sejumlah Universitas yang mendanai proyek ini. Tiga tahun kemudian terbentuklah ARPANET, dan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya internet.
5.     Tahun 1969

Internet pada saat itu disebut dengan ARPANET yang pertama kali online. Pada awalnya ARPANET menghubungkan komputer di Universitas yang ada di bagian barat daya AS.
6.     Juni 1970

Beberapa Lembaga dan Universitas yang ada di Santa Monica ikut bergabung seperti, MIT, Hardvard, BBN dan SDC.

7.     Januari 1971
The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet yang digunakan untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Selain itu mereka pula membuat kemajuan pada standard File Protocol yang digunakan untuk mendownload file-file.

8.     Tahun 1972
Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat elektronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan simbol “@(dibaca : et) untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat email (email address).

9.     Tahun 1973
Timbul banyak permasalahan untuk menghubungkan jaringan-jaringan internet ke dalam ARPANET karena banyaknya jaringan komputer yang berbeda. Kemudian mulai dikembangkan protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin Vinton Cerf dari Standford dan Bob Kahn dari ARPA. Protokol tersebut memungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinterkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

10.     Akhir Tahun 1980
Simbol “@” digunakan sebagai standard seluruh dunia.

11.      Tahun 1986
Internet dibuka untuk umum. Semenjak saat itu, penggunaan internet berkembang sangat cepat ke seluruh dunia.

12.     Tahun 1990
ARPANET resmi di tutup. Jaringan tersebut telah berkembang dari 4 jaringan komputer yang tergabung disalamnya menjadi 300.000 jaringan.

13.    Tahun 1993
Dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen bersama timnya si National Center For Supercomputing Application (NCSA). Kemudian Andreessen keluar dari NCSA dan menjadi otak dibelakang Nescape Corp yang kemudian membuat Nescape, dan browser yang paling sukses sampai akhirnya Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer.
Berbagai Pemanfaatan Internet Di Masyarakat

I. E-Commerce (Electronik Commerce)

Disebut juga perdagangan elektronik yaitu suatu kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak jauh dapat berkomunikasi dengan biaya yang murah. Kemudian dimanfaatkan pada perdagangan internet.
Keuntungan perdagangan elektronik  bagi perusahaan :
  1. Memungkinkan perusahaan menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas.
  2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
  3. Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan karena tidak perlu membuka banyak cabang dan membayar karyawan.
  4. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, sehingga barangpun dapat dijual dengan harga lebih rendah. Akibatnya, banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut, dan barangpun menjadi laku.
  5. Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
Keuntungan perdagangan elektronik bagi konsumen :
  1. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Pemesanan dapat langsung di akses melalui internet, kemudian barang pesanan akan diantarkan kerumah.
  2. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transfortasi.
  3. Mempunya lebih banyak pilihan, karena bisa membandingkan lebih banyak produk yang ada di internet.
  4. Dapat membeli barang di negara lain, yang mungkin di dalam negeri belum tersedia.
  5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih murah.
II. Internet Banking

Lebih dikenal dengan sebutan Electronic Banking (E-Banking). Adalah sebuak layanan aktivitas perbangkan           yang dapat dilakukan di rumah, kantor atau tempat lain dengan menggunakan jaringan internet.


Keuntungan internet banking bagi bank :
  1. Mengurangi bperiaya operasional.
  2. Menguirangi nasabah yang datang ke bank, sehingga dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit.
  3. Dari kedua faktor tersebut bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan.
  4. Kemudahan transaksi yang diberikan inernet banking memnyebabkan banyak transaksi yang dilakukan, sehingga dapat menambah keuntungan bagi bank pula.
Keuntungan internet banking bagi nasabah :
  1. Nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi.
  2. Menghewat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah.
  3. Nasabah dapatmelakukan transaksi perbankkan kapan saja dan dimana saja.
  4. Bagi pebisnis, internet banking mempberikan kemudahan berbisnis dan memberikan banyak keuntungan pulabagi pebisnis.
III. Media Pembelajaran

Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada.Dahulu belajar jarak jauh dulakukan dengan cara mandiri. Pihak penyelenggara belajar jarak jauh mengirimkan bahan-bahan pelajaran berupa buku, kaset, dan video kepada para siswa. Sisitem belajar seperti ini sebenarnya jauh dari sempurna, karena dalam belajar seseorang membutuhkan dialog komunikasi langsung dengan guru, sumber belajar dan teman.
Faktor yang harus terpenuhi untuk menciptakan sistem belajar jarak jauh :
1.Institusi Penyelenggara
Untuk dapat menggunakan internet sebagai media belajar, institusi harus memiliki komitmen yang kuat. Institusi harus menyediakan dana yang cukup, peralatan yang memeadai serta sumber daya manusia dan keuangan yang memadai demi terselenggaranya sistem pembelajaran jarak jauh.
2.Pengajar
Keberhasilan proses belajar jarak jauh ini sangat bergantung pada para pengajar. Parea pengajar pula harus memiliki komitmen yang baik, untuk memberikan yang terbaik. Baik dalam mengemas pelajaarn yang menarik dan mudah difahami,  juga mengembangkan metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif. Selain itu  pengajar harus dibekali kemampuan teknis internet.
3.Pelajar
Pelajar harus dibekali kemampuan teknis internet, dan dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.
4.Teknologi
Teknologi merupakan faktor terpenting bagi terselenggaranya belajar jarak jauh. Pemanfaatan teknologi yang tepat, dapat membuat proses belajar jarak jauh kan mencapai hasil yang maksimal.
IV. Sumber Informasi

Internet banyak dimanfaatkan sebagai sumber informasi. Internet mempunya sumber informasi apa saja dalam jumlah yang tidak terbatas.

V. Media Komunikasi

Internet merupakan media komunikasi yang cepat dan murah. Kita dapat mengirimkan informasi keseluruh dunia dalam hitungan detik dengan biaya yang murah. Bila kita ingin mengiirimkan informasi kepada semua orang, kita dapa menggunakan web. Tapi apabila kita ingin mengirimkan informasi ke orang tertentu, dapat digunakan aplikasi email.
Selain mode komunikasi satu arah seperti web dan email. Internet juga memungkinkan kita melakukan komunikasi dua arah. Yaitu seperti aplikasi chatting dan video converter.

VI.  Media Social Network

Saat ini banyaks situs di internet yang mengkhususkan diri sebagai jejaring sosial online, seperti facebook, twitter, my space dan sebagainya. Situs jejaring sosial dapa dibedakan menjadi dua, (1). Situs jejaring sosial yang mengkhususkan untuk komunitas tertentu saja, (2). Situs jejaring sosial yang terbuka untuk semua orang.




Internet dapat kita simpulkan yakni media yang menyediakan semua kebutuhan yang kita butuhkan dalam bentuk virtual,yang memounyai pisau bermata dua untuk kita bisa mengarah ke positif dan mengarah ke arah negatif .
sekian semoga artikel ini bermanfaat.

sumber: 
- https://miftassyumaisah.wordpress.com
- http://www.pintarkomputer.com
- http://www.lahiya.com
- http://sufyanari.blogspot.com
- https://nikamarsa.wordpress.com
- http://belajarblckarpil.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengenalan internet Simpel Dan Lengkap "

  1. www,pokers128,net adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (WA : 081910053031)

    ReplyDelete