MANFAAT DAUN PAKIS

Health Benefits of Vegetable fern for your body

Salam semangat.....! ya kali ini saya akan membahas tentang tanaman pakis. Biasanya daun pakis sebagian besar hidup pada kondisi campuran gambut, tanah dan pasir, kerikil yang telah bercampur. Biasanya pupuk yang digunakan adalah terbuat dari daun kering atau materi nabati lainnya. Dalam bahasa latin pakis bernama Diplazium esculentum adalah tanaman yang tergolong ke dalam tumbuhan paku.mari kita simak berbagai manfaat daun pakis yang bisa kita temukan:





1. Daun pakis mengandung kolegen.

Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti tulang rawan, membran kapiler, dan kulit. Dengan demikian, vitamin C memainkan peran utama dalam penyembuhan luka.

2. Daun pakis mengandung beta-karoten

Di dalam tubuh, beta-karoten dimetabolisme menjadi vitamin A. Kandungan beta-karoten dalam daun pakis setara dengan 432 RE vitamin A. beta-karoten berperan dalam mengatur metabolisme tubuh dalam beberapa jaringan. Selain itu, beta-karoten juga mengatur gen yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, terutama penyakit menular.

3. Daun pakis mengandung Filicin 

Filicin, yang diisolasi dari rimpang Dryopteris filixmas, adalah insektisida yang potensial. Filicin memiliki sifat anticacing juga. Para phytoecdysones ditemukan di pakis, pakis relatif bebas dari serangga. Pakis efektif dalam menghilangkan embrio serangga. Zat-zat ini dapat secara eksklusif diproduksi oleh tanaman untuk pertahanan terhadap serangga. Ekstrak pakis memiliki efek toksik pada Spodoptera littura dan Helicoverpa armigera. Sehingga pakis tahan terhadap serangga dan dapat untuk mengendalikan serangga (mengurangi/mengusir serangga)

4. Daun pakis dapat mencegah penyakit rematik.

Hal ini disebabkan kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, masing-masing 42 mg dan 172 mg per 100 pakis daun. 
 
 

5. Daun pakis dapat menyembuhkan parasit, sakit perut dan antihiperglikemia

Dapat mengobati parasit internal seperti cacing. Selain itu juga digunakan sebagai pencahar untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan sembelit. Studi menunjukkan bahwa pakis bertindak sebagai alat kontrasepsi dan memiliki efek antihiperglikemia. Ini berarti bahwa hal ini membantu untuk menurunkan kadar gula darah, yang berguna bagi penderita diabetes. 



Tips Memasak Pakis

Bahan-bahan150 gram daun pakis, 3 butir bawang merah iris, 1 siung bawang putih iris, 2 buah cabai merah keriting iris, garam dan gula pasir secukupnya, 1/4 sendok teh merica bubuk, setengah ml air, 1 sendok makan minyak goreng
Cara pengolahanMenumis semua bumbu sampai harum lalu daun pakis dan tambahkan gula serta garam secukupnya, aduk sampai rata dan tunggu sampai meresap
PorsiSiap untuk 3-4 porsi bersama nasi hangat



Cara menyimpan dan membersihkan pakis

Untuk daun pakis yang masih muda harus digunakan saat masih segar. Jika ingin disimpan, terlebih dahulu harus dibungkus plastik dan dimasukkan kedalam kulkas, maka pakis akan bertahan selama 2-3 hari. Ketika akan menggunakannya dalam memasak, maka perlu dipilih daun yang masih segar dan dipisahkan dengan yang sudah mengeras maupun yang berwarna coklat. Lalu pakis dicuci sampai bersih dengan air dingin. Untuk menghilangkan lendir dan rasa pahit pada daun dapat melakukan perebusan dengan air asin atau garam selama 1-2 menit. Setelah ditiriskan dan dibuang airnya, hal ini bisa dilakukan dengan berulang sampai pahitnya hilang.

Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa daun pakis adalah salah satu sumber makanan yang relatif  murah dan banyak manfaat didalamnya dan bisa kita masukan ke dalam salah satu menu harian kita, sekian pembahasan tentang manfaat daun pakis semoga bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung.............:D


Sumber refrensi : - manfaat co.id
                             - manfaat kesehatan sayur pakis bagi tubuh anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT DAUN PAKIS"

Post a Comment