15 MANFAAT BUAH SAWO DAN INFORMASI LENGKAP SAWO

 http://3.bp.blogspot.com/-CUd0yyfYI7s/VROOFHxs2kI/AAAAAAAAAZM/80W4RYIkMqI/s1600/Khasiat%2Bdan%2BManfaat%2BBuah%2BSawo.PNG 

Pengenalan sawo Sawo, terutama dikenal sebagai chikoo di sub benua India, adalah anggota dari keluarga Sapotaceae di Amerika Tengah. Di Meksiko, sawo ditanam secara komersial untuk membuat permen karet. Konsumsi sawo dianjurkan dalam pengobatan herbal karena memiliki jumlah tak terhitung menggunakan obat







Buah sawo berwarna coklat. Memiliki buah kiwi-seperti tekstur tapi permukaan luar tanpa ketidakjelasan apapun. Pulp dari buah ini mentah dengan lateks lengket yang disebut saponin. Sebagai Sawo matang nanti, lateks putih secara bertahap menghilang. Sawo mengandung 3-5 hitam, halus, mengkilap, berbentuk kacang biji termakan terletak di tengah buah. Rasa Sawo bagus dan dapat dibandingkan dengan batas tertentu untuk pir.

Jenis Sawo atau sawo:

1. Brown Sugar:

Anggota dari keluarga Sawo diperkenalkan pada tahun 1948. Versi ini adalah granular, cukup manis, lezat dan sangat aromatik. Strukturnya cukup kecil. Panjang buah ini hingga 2-2,5 inci. kulitnya ringan dan coklat. tekstur sedikit granular. Namun, kualitas yang sangat baik.

2. Prolific:

Produktif diperkenalkan pada tahun 1951. Sawo ini adalah bulat, berbentuk kerucut dan memiliki kulit coklat. Bagian internal yang memiliki warna merah muda. Ini memiliki cukup wangi aromatik dan cukup manis secukupnya. Strukturnya cukup kecil. Panjang buah ini hingga 2-2,5 inci. kulitnya berantakan cokelat, tetapi menjadi halus pada tahap pematangan. Kualitas Sawo ini dinilai sebagai yang baik.

3. Russel:

The Russel berbagai telah tersedia sejak tahun 1935. Ini adalah buah bulat besar. Panjang Sawo ini adalah tiga sampai lima inci. Ini memiliki aroma aromatik yang sama seperti anggota keluarga yang lain. Tekstur buah ini granular dan kaya rasa. Buah ini besar dan melingkar - sekitar tiga sampai lima inci dengan diameter dan panjang juga. Kulit buah ini berwarna coklat berantakan bersama dengan bintik-bintik abu-abu. Bagian internal berwarna pink. teksturnya cukup granular. Hal ini kaya rasa juga.

4. Tikal:

Ini varietas tertentu dari sawo adalah oval dalam bentuk. Warnanya coklat muda. Hal ini sangat kecil dalam ukuran dibandingkan dengan anggota keluarga sesama. Varietas ini matang lebih awal dari yang lain tapi masih mempertahankan rasa yang besar.

Nilai gizi dari Sawo :
Sawo (Manilkara zapota), segar
nilai gizi per 100 g.
(Sumber: USDA National Nutrient data base)

PrinsipNilai giziPersentase RDA
Energi83 Kcal4%
karbohidrat19,9 g15%
protein0.44 g<1%
Lemak total1.10 g3,5%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan5.3 g14%
vitamin

folat14 ug3,5%
niacin0.200 mg1%
asam pantotenat0,252 mg5%
pyridoxine0,037 mg3%
riboflavin0.020 mg1,5%
thiamin0,058 mg5%
vitamin A60 IU2%
Vitamin C14,7 mg24,5%
elektrolit

Sodium12 mg1%
Kalium193 mg4%
bahan galian

Kalsium21 mg2%
Tembaga0,086 mg9%
Besi0.80 mg10%
Magnesium12 mg3%
fosfor12 mg2%
selenium0,6 mg1%
Seng0.10 mg1%
Baku buah sawo memiliki kandungan tinggi lateks dan tanin, dan terlalu pahit di rasa.Makan buah sawo mentah dapat menyebabkan sariawan, sensasi gatal di tenggorokan, dan kesulitan bernafas. Buatlah titik untuk tidak memberikannya kepada anak-anak dalam keadaan mentah. Buah harus matang sepenuhnya.

Manfaat buah sawo  bagi kesehatan  dan kecantikan :

 

1. Obat Diare

  • Ambil 15 tetes getah dari buah sawo yang masih muda, lalu seduh dengan setengah gelas air panas dan minum sekaligus setelah dingin atau hangat.
  • Cara kedua adalah satu buah sawo muda dicuci sampai bersih, kemudian diparut, diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari.

 

2. Pembentukan Sel Darah Merah


Penelitian terbaru diketahui bahwa buah sawo juga mengandung asam folat 14mkg/100 g. Asam folat diperlukan bagi tubuh manusia  untuk membantu pembentukan sel darah merah.

 

3. Mengatasi Radang Mulut


Ambil satu mangkok daun sawo lalu cincang dan rebus dengan 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

 

4. Menjaga Kesehatan Tulang


Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata


Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga jika anda mengkonsumsi buah ini anda akan mendapatkan manfaat yang baik bagi mata anda. Yaitu menyehatkan mata anda, jadi anda bisa mengkonsumsi buah yang lezat namun juga menyehatkan mata.

 

6. Pertumbuhan Tulang


Kita tahu bahwa protein baik bagi pertumbuhan apalagi bagi anak anak, nah anda bisa juga mendapatkan asupan protein dengan mengkonsumsi buah sawo.

 

7. Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Di dalam buah sawo terkandung vitamin E, kita tentu tahu kulit kita sangat membutuhkan vitamin ini. sebab dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

 

8. Mencegah Kanker Usus


Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

 

9. Pencegahan Infeksi


Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan penceegahan infeksi.

 

10. Mengobati Disentri


Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda mampu mengobati sakit disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari.

11. Sebagai obat penennang alami

Sawo atau chikoo di kenal obat penenang alami. Hal ini digunakan untuk mengendurkan saraf dan juga untuk menghilangkan stres. Hal ini sering disarankan sebagai bagian dari diet mereka yang berjuang dengan insomnia dan panik gangguan. Ini adalah salah satu yang terbaik alam anti-depresan yang ditentukan oleh praktisi medis untuk gangguan seperti MDD (depresi besar), Disorder unipolar, dll

12.  Getah sawo dapat menambal gigi berlubang

Sawo memiliki lateks alami yang tinggi yang biasa digunakan oleh dokter gigi untuk mengisi gigi berlubang.
   
13.  Sawo dapat membantu mengobati pilek dan batuk

Sawo juga membantu dalam pengobatan pilek dan batuk. Konsumsi buah ini membantu untuk menghilangkan hidung penyumbatan dan juga dalam kasus batuk persisten.

14. Sumber energi alami 

Gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang merupakan bahan utama buah ini meremajakan tubuh dengan energi alam.

15.  Mengandung Asam Folat yang membantu pembentukan dan perkembangan  sel darah merah, janin dan mencegah hohmocysteine yang berbahaya

Asam folat yang terkandung dalam buah ini digunakan dalam pembentukan sel darah merah dan juga membantu dalam perkembangan janin selama kehamilan. Hal ini juga membantu untuk mencegah pembentukan homocysteine ​​yang berbahaya bagi kesehatan.

Wah ternyata banyak yang dapat kita dapat dari buah sawo yang kita anggap biasa-biasa aja. Dengan ini kita tak ragu lagi dalam mengkonsumsi sawo dan semoga lebih bermanfaat bagi hidup kita. 
sekian penjelasan saya tentang buah sawo, mohon maaf bila ada kekurangan dan terimakasih atas kunjungannya...!

Sumber refrensi : - manfaatbuahkesehatan.blogspot.com 
                                 - www.healthbeckon.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 MANFAAT BUAH SAWO DAN INFORMASI LENGKAP SAWO"

Post a Comment