Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Tumbuhan pandan wangi adalah tanaman yang di kenal dengan khas keharuman yang terkandung pada daun pandan. Pandan wangi memiliki nama latin yaitu Pandanus amaryllifolius Roxb. dan termasuk keluarga Pandanaceae. Tanaman ini biasanya hidup di rawa-rawa atau di tempat-tempat yang lembab dan teduh.

Dan sudah banyak di budidayakan oleh banyak masyarakat untuk berbagai keperluan seperti mengharumkan makanan, mengawetkan makanan, pewangi makanan.Dnbanyak kita pada makanan seperti beberapa jenis makanan ringan yang sering kita temui di pinggir jalan dl seperti sumsum bubur, es dawet dan lain-lain. Daun pandan mengandung nutrisi penting, termasuk: saponin, polifenol, tanin, pigmen, alkaloida. 



Selain sebagai bahan penambah ataupelangkap masakan masih ada yang manfaat yang bisa anda ambil dari daun pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb) Yakni dalam bidang kesehatan.

Sebagai berikut manafaat yang dapat kita ambil dari daun pandan yakni dari segi kesehatan :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

tekanan darah tinggi berada pada risiko stroke, dan karakteristik penyakit ini selalu merasa pusing dan lelah sehingga akan sangat menghambat aktivitas kita. Jika Anda terkena darah tinggi maka harus menghindari berbagai jenis makanan penambah darah yang akan membuat hal-hal buruk.
Tanaman yang perlu Anda coba untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah daun pandan wangi. Cara membuat ramuan untuk mengambil daun pandan secukupnya kemudian di mix dalam dua gelas air dan direbus, tunggu sampai air tetap satu gelas setelah direbus, minum setengah cangkir di pagi hari dan sisa setengah lagi di sore hari , lakukan secara teratur dan secara teratur untuk membuat lebih banyak tekanan darah normal.


2. Mengobati rematik


Rematik adalah penyakit yang umum diderita oleh orang tua. Nah, orang-orang zaman dulu saat terserang rematik menggunakan daun pandan wangi untuk mengatasinya.

Caranya, ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

3. Menghilangkan panu

Penyakit panu terjadi karena disebabkan oleh jamur yang tumbuh pada kulit, sehingga kulit menjadi gatal dan berubah menjadi putih, namun ada juga warna kulit tertentu menjadi warna yang berbeda seperti merah.
Dengan daun pandan, Anda dapat menghilangkan jamur pada kulit dengan daun pandan, yang cukup mudah untuk melembutkan beberapa pandan segar daun lalu peras dan ambil airnya, lalu campurkan dalam air garam dan hasil jus minum satu gelas sehari selama tiga hari secara teratur.


4. Mengobati pegal linu


Pekerja keras biasanya sering mengalami badan pegal linu. Namun, jika di dekat rumah Anda terdapat tanaman pandan wangi, bisa digunakan untuk mengobati pegal linu lho.

Caranya, sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.


5. Menghilangkan Ketombe

rambut gatal dan panas dan kulit kepala mengelupas? itu berarti bahwa Anda terkena ketombe, kehadiran ketombe di kepala juga dapat menyebabkan rambut rontok, Anda dapat menggunakan daun sebagai ramuan alami menghilangkan ketombe adalah daun pandan, Anda mempersiapkan sekitar sepuluh segar daun pandan dan tumbuk sampai benar-benar halus, kemudian tambahkan air secukupnya dan air dari campuran daun Pendan. Anda menghapus rambut, gunakan prosedur ini sebelum keramas, diamkan beberapa saat dan terakhir mencuci rambut Anda secara menyeluruh.


6. Mengobati lemah saraf


Ambil 3 lembar daun pandanwangi, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.






7. Rambut Rontok

Jika Anda memiliki masalah dengan kerontokan rambut Anda, Anda dapat menggunakan solusi yaitu dengan menggunakan daun pandan, sampai dengan cara yang sama seperti yang saya sebutkan di atas, yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun pandan dan kemudian dihancurkan dan hasil jus dari pandan daun Anda berlaku untuk rambut Anda dan diamkan satu sampai dua jam, kemudian bilas rambut Anda secara menyeluruh, melakukan cara ini di pagi hari.


8. Mengatasi gelisah


Seringkali seseorang terkena masalah emosional sehingga merasa gelisah. Biasanya saat malam hari. Jika Anda mengalami hal ini, ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Pada waktu-waktu tertentu kita harus merasa bahwa namanya kurang nafsu makan, situasi ini akan membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit, karena nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tidak baik disertakan dengan makanan yang baik karena kita malas untuk makan, jika Anda merasa kurang nafsu makan eating, daun pandan dapat dibuat menjadi bahan-bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan.
Siapkan sekitar sepuluh gram daun pandan dan direbus dengan tiga gelas air mineral sampai tersisa satu gelas, dan minum dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



10. Menurunkan tekanan darah tinggi


Untuk Anda yang menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi, daun pandan wangi bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl_vg-O61eZe05eArdc-R5rZRPE0Tz7USjwfFX6UHHV66fwa2J1GJ93rnPwzEjH08uVfYb9iqAgyF8ZdXpmPwqFhiRI3fxF-AEA4hUm9bAVo8Tt2XOGqCSbMp5ULfy6uIkdR6fk2QoZOe_/s1600/manfaat+daun+pandan+wangi.jpg

Tips Mengembangbiakan Pandan

Jika anda Merasa ada manfaat dari kasiat dari cara di atas pasti anda ingin membudidayakan pandan tersebut cara mebudidayakan dapat dilakukan dengan cara memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar dan di tanam lagi di tempat teduh tetapi masih terkena sinar matahari.

Ya itulah Manfaat keshatan yang dapat kita ambil dari Daun Pandan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan Terimakasih atas Kunjungannya...!


Bagi yang berminat berkunjung ke artikel yang saya gunakan sebagai  refrensi silahakan berkunjung di sini:

manfaatbuahdaun.blogspot.com
huuwaida.com 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh "

Post a Comment