Cara Membuat Asbak Dari Tanah Liat Sendiri



Cara membuat asbak dari tanah liat sendiri merupakn langakah tepat bagi anda yng ingin mengembangkan kreaktifitas dan ekonomis bagi kocek anda. Meskipun dalam proses pembuatan sedikit rumit dalam proses pembuatannya. Bagi anda yang pemula bisa menjadi motivasi untuk lebih mengembangan ke karya yang lebih besar.   


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9eOHJwuGA8NoFz4uc_WJq_ZwdLL90rIfZri538vycXG3UFJSi5-W123sImhmndHUntWDJtQeCHwibhd9oiwx6tA604Vl2TWL5oF0Dh9_TGreKjDxi2bAEUOpLQx-kDah3I5IkLWT41jY/s1600/1.jpg



Sebelum anda mempelajari cara harus mendapatkan bahan untuk membuat asbak dari tanah liat sendiri ini. Yakni bahan yang di pakai dalam membuat asbak dari tanah liat yakni tanah liat. Anda bisa mendapat bahan tanah liat dari sekitar tempat tinggal anda, dan bila anda tidak membutuhkan banyak banyak anda bisa membelinya  di tempat penjualan genteng.


Jika anda telah mendapatkan bahan bakunya saat ini anda dapat memulai pembuatan asbak dari tanah liat sendiri. untuk pembuatannya anda dapat mempelajari cara yang saya sajikan sebagai berikut :

1. Buat Adonan


Dengan bahan baku yang telah didapatkan, kini waktunya untuk membuat adonan. Anda dapat memulai dengan mencampur bahan tanah liat dengan air secukupnya.Ingat, jangan terlalu encer ya.


2. Bentuk Sesuai Keinginan


Anda dapat berimajinasi, seperti apa asbak yang akan anda buat. Anda dapat membuat asbak yang bentuknya lain daripada asbak yang biasanya. Bentuknya terserah anda! Jika sudah terbentuk, pastikan permukaannya halus agar nyaman saat dipegang saat sudah jadi.


3. Diamkan


Sesaat setelah terbentuk, anda dapat mendiamkan karya tanah liat anda selama dua hari. Diamkan pada tempat yang aman sambil diangin-anginkan. Jika ada tanda-tanda keretakan saat didiamkan maka itu berarti kurang baik saat pengerjaannya.


4. Bakar


Karya anda masih belum jadi, setelah didiamkan anda harus membakar karya tanah liat anda dengan api dari kayu, batubara atau selama 14 jam, pastikan karya anda kering dan matang.


5. Berikan Warna


Karya dari tanah liat anda sudah hampir jadi. Anda tinggal memberikan warna pada karya anda. Beri warna dengan cat sesuai keinginan anda.
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQIGMnA0Bw1xhuU_esKXMvXMpnWgkEzDWfOJ34mLaQ2RC_xpBhQI3mW-Ov-lmRLvgSNZ1Q8IEt8x5rFWYyff-OX09EF_M0nsqZrhuUjisMe7WfFlvDFDlXsc0kOM0GiKj0gwMO4l1Yv7Yz/s1600/souvenir34.JPG
Sekianlah Cara Membuat Asbak Dari Tanah Liat Sendiri untuk bahan tambahan refrensi kegiatan anda. Terimakasih atas kunjungannya......!

Sumber refrensi : - klikpintar.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Asbak Dari Tanah Liat Sendiri"